Cara install CMS Wordpress Offline di Debian Server

September 21, 2016 0

CMS Wordpress

Cara install CMS Wordpress di Debian Server

A. PENGERTIAN
            WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).

B. LATAR BELAKANG
            Agar kita bisa membuat web Server sercara Offline untuk nantinya juga bisa di buat online

C. MAKSUD DAN TUJUAN
            Tujuannya disini kita bisa membuat Web Server dengan menggunakan CMS Wordpress yang memiliki banyak Plugin dan bisa di setting sesuai kebutuhan namun pada postingan kali ini kita akan belajar untuk instalasi cms Wordpress terlebih dahulu.

D. JANGKA WAKTU KEGIATAN
Untuk instalasinya ini cukup cepat sekitar 10 menit

E. ALAT DAN BAHAN
            1. CMS Wordpress
            2. Debian Server
            3. Laptop/PC

F. TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN
1.     Sebelum kita menginstallnya, download terlebih dahulu CMS Wordpressnya dan kemudian setelah di download silahkan pindahkan ke Server. Disini saya memindahkan filenya menggunakan scp yaitu fitur dari ssh dengan perintah seperti berikut :
#scp file yang akan dikirim ssh:direktori yang dituju
#scp wordpress-4.0.1.zip root@192.168.100.1:/var/www
Cara install CMS Wordpress di Debian Server

2.     Jika nanti muncul seperti berikut waktu pengiriman, jangan panik karena bisa diatasi dengan men-Copy file yang saya blog seperti gambar dibawah ini dan kemudian pastekan ke terminal dan klik ENTER.

3.     Kemudian silahkan anda ulangi pengirimannya dengan cara seperti tadi dengan perintah scp.


4.     Kemudian kita coba berpindah ke Server untuk menge-Cek apakah file wordpress yang telah dikirim tadi berada pada Diretory yang dituju atau tidak, untuk mengeceknya bisa masukkan perintah :
#ls

5.     Kemudian silahkan extrax filenya sesuai dengan extensi pada file, disini pada file yang saya download berextensi .zip maka untuk extraxnya bisa memasukkan perintah :
#unzip wordpress-4.0.1.zip


6.     Kemudian silahkan cek apakah berhasil di extrax atau tidak dengan perintah ls seperti pada langkah yang sudah dijelaskan tadi. Dan kemudian agar kita bisa mengakses pada directory yang sudah di extrax tadi kita beri hak akses dengan mememasukkan perintah :
#chmod –R 755 wordpress

7.     Kemudian untuk konfigurasi CMSnya kita buat databasenya terlebih dahulu dengan kita masuk ke phpMyAdmin dan kita buat user untuk Wordpressnya dengan langkah seperti gambar dibawah ini.

8.     Setelah membuat database, kita buat usernya seperti gambar berikut.

9.     Kemudian masukkan username dan password yang diinginkan seperti pada gambar dibawah ini dan jika sudah silahkan klik Create User.


10.          Kemudian atur akses apa saja yang bisa dilakukan user dengan kita setting pada Edit Privileges seperti pada gambar dibawah ini.

11.           Kemudian kita bisa pilih sesuai keinginan kita mau apa saja yang bisa dilakukan user atau kita bisa centang semua agar tidak ribet.

12.          Kemudian, konfigurasi awal wordpress dengan memasukkan domain atau ip server pada address bar. Untuk memulainya klik “Lets Go”

13.          Kemudian isi form sesuai dengan Database name, user name, password yang kita buat sebelumnya.

14.          Selanjutnya kita buat file “wp-config.php” , dalam file tersebut isikan kode yang terdapat dalam box dengan cara menyalin kode tersebut.

15.          Untuk membuat file tersebut , gunakan perintah “nano wp-config.php”.

16.           Kemudian paste kode yang telah kita salin ke dalam file tersebut, dengan cara tekan “Ctrl + V”. Kemudian simpan konfigurasi dengan perintah “Ctrl + X , kemudian tekan Y dan Enter”.

17.           Setelah file selesai dibuat klik “Run the install” untuk memulai menginstall wordpressnya. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah , isilah form sesuai dengan yang Anda inginkan.

18.           Proses instalasi selesai dan untuk memulai konfigurasi wordpressnya klik “Login”.

19.           Kemudian masukkan username dan password wordpress untuk login.

20.           Ini merupakan tampilan awal wordpress yang telah kita install sebelumnya.
Cara install CMS Wordpress di Debian Server

H. KESIMPULAN
                Untuk instalasi CMS Wordpress ini sendiri mudah cuma agak ribet itu waktu membuat file untuk database wp confignya karena disini saya remot ssh dari Linux Mint ke Debian jadi scripnya bisa di copy paste dengan mudah. Jika kalian menggunakan Windows kalian bisa buat file itu pada notepad dan kemudian di kirim ke Debian bisa menggunakan samba, ssh ataupun ftp.

Semoga bermanfaat
I. REFERENSI
Untuk instalasinya saya asal coba dan berhasil :D

0 Comments for "Cara install CMS Wordpress Offline di Debian Server"