Melihat Kondisi Cuaca dan fase Bulan di Terminal Linux dengan wttr

September 04, 2016 0

Info Cuaca dan Fase Bulan

           Hallo sobat, yang masih setia nunggu'in apa yang akan ane posting :D pastinya bermanfaatlah, agar bertambah ilmunya :D. Adminnya baik kok ini, kalian boleh kok reques tutorial apa gitu yang penting masih di lingkup IT lah hehe.


           Pada kali ini tadi saya baca-baca di facebook kok ada yang menarik ya bisa melihat ramalan cuaca di terminal linux, nah disini saya akan membagikan ilmu yang barusan saya dapatkan di facebook :D

A. PENGERTIAN
        Saya sih sebagai user linux bangga menggunakan linux dan dengan menggunakan linux itu juga tidak menyalahi sistem peraturan IT yang menggunakan bajakan :D maaf buat pengguna bajakan ^_^, yuk kita coba migrasi ke Linux ^_^ awalnya sih memang ribet tapi nanti pasti terbiasa kok.
Rasanya begitu besar untuk mencapai segala sesuatu yang Anda inginkan dalam konsol/terminal. Berkat @igor_chubin untuk aplikasi 'wttr.in' yang bisa Anda dapatkan semua informasi cuaca terkait bersama dengan fase bulan di dalam terminal.

Fitur yang terdapat pada wttr :
1. Anda tidak perlu Ambil / Install aplikasi kecuali dan sampai Anda secara eksplisit ingin menginstalnya dan menggunakan layanan HTTP front-end. Yang Anda butuhkan adalah perintah 'ikal' yang akan diinstal.
2. Itu tidak IP geolocation jika Anda meninggalkan dari kota.
3. Ini adalah cross-platform dan akan berjalan pada Windows juga.
4. Untuk USA menggunakan metrik UCSC secara default. Untuk sisa dunia, standar satuan SI, namun Anda dapat selalu memaksa metrik yang Anda inginkan.

B. LATAR BELAKANG
          Karena dengan menggunakan wttr ini kita bisa melihat kondisi cuaca bahkan fase bulan juga. Kan ini mainstream karena jarang orang yang menggunakan ini :D, biar berbeda dari lainnya.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
          Dengan wttr ini agar kita bisa lebih berkreasi lagi di Linux ini yang Open Source namun masih banyak juga yang masih belum mengetahui sebenarnya linux itu tersendiri.
Baca juga : Nonton Vidio di Terminal Linux
D. JANGKA WAKTU KEGIATAN
          Untuk jangka waktu kegiatan membutuhkan waktu beberapa menit saja karena aplikasi ini cuma untuk cek cuaca dan fase bulan.

E. ALAT DAN BAHAN
          1. Laptop
          2. Koneksi Internet

F. TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Mendapatkan informasi cuaca dari lokasi Anda saat ini anda berada. Dan jalankan perintah di bawah ini :
$curl wttr.in

2. Anda bisa mendapatkan informasi cuaca dari setiap kota. Untuk mendapatkan informasi cuaca untuk kota Kediri, menjalankan perintah di bawah ini :
$curl wttr.in/kediri


3. Juga, Anda mungkin ingin mendapatkan informasi tentang kondisi cuaca dari banyak bandara. Katakanlah Untuk mengetahui kondisi cuaca dari Singapore Changi Airport, Anda dapat melakukan
$ curl wttr.in/sin
Catatan : Ini merupakan kode dari Bandara di masing-masing negara anda bisa melihatnya di wikipedia seperti yang saya prakterkan :D
https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_bandar_udara_di_Indonesia#Internasional

4. Kode area yang didukung juga (meskipun tidak semua kode area). Anda dapat memeriksa cuaca dari daerah menggunakan kode area dari tempat itu. Untuk memeriksa cuaca dari daerah yang memiliki kode area 64171 (merupakan kode dari daerah saya di Kab.Kediri, Kecamatan Ngadiluwih), Anda dapat melakukannya
$curl wttr.in/64171

5. Anda juga dapat memeriksa fase Bulan. Untuk tempat Anda dapat Anda lakukan
$curl wttr.in/moon


Catatan : Untuk kota-kota lain Anda dapat menambahkan, + INDONESIA.


6. Anda dapat melihat fase bulan dari tanggal masa lalu juga
$curl wttr.in/moon@2016-Sep-04
Catatan: Anda juga dapat menggunakan tanggal di masa mendatang dan tanggal dalam format yang berbeda juga diterima.

7. Aplikasi wttr cukup fleksibel untuk mendukung nama domain sebagai specifier lokasi juga.
$curl wttr.in/@alvin-blctelkom.blogspot.co.id


8. Anda dapat mengganti unit default, hanya sebagai dengan menempatkan? U dan? M pada akhir untuk memaksa metrik (SI) atau USCS.
$curl wttr.in/Klaten,Indonesia?u

9. Jika kalian ingin tau lebih lengkap mengenai wttr anda bisa mempelajari sendirinya dengan memasukkan perintah berikut :
$curl wttr.in/:help

10. Jika kalian ingin melihat cuacanya otomatis muncul pada saat anda membuka terminal linux juga bisa kok di konfigurasi. Buka file bash terlebih dahulu dengan memasukkan perintah :

Nanti tampilannya akan menjadi seperti ini terdapat banyak script ini pada linux, scroll kebawah kemudian tambahkan kode wttr yang anda inginkan untuk nantinya muncul pada saat kalian buka terminalnya seperti contoh gambar dibawah ini :

Kemudian jika sudah silahkan close terminal anda dan nantinya jreng jreng akan muncul secara otomatis deh pada terminal :D

G. HASIL KEGIATAN
           Dengan menggunakan terminal linux saja kita sudah bisa melihat kondisi cuaca dan fase Bulan.
Baca juga : Nonton Vidio di Termial Linux
H. KESIMPULAN
           Meskipun dengan terminal linux, kita bisa menggunakannya seperti melihat Kondisi Cuaca dan Fase Bulan. Selain seperti cek sistem seperti IP, Install aplikasi yang lainnya dan lain-lain.
         Konsep ini sangat bagus. Penggunaan warna dalam font memberi Anda sekilas instan jika kondisi normal, sedang atau ekstrim. Informasi kompak namun rinci. Sederhana gambar grafis namun efektif. Proyek ini tampaknya menjanjikan. Akan lebih baik jika di masa depan, kustomisasi lebih lanjut dapat ditambahkan seperti jumlah hari untuk lulus sebagai argumen dan memperbarui jam pada kondisi cuaca. Semua yang terbaik untuk tim.

I. REFERENSI
http://www.jointux.com/get-weather-condition-and-moon-phase-in-console-using-wttr/
SEMOGA BERMANFAAT

0 Comments for "Melihat Kondisi Cuaca dan fase Bulan di Terminal Linux dengan wttr"