Penjelasan, Fungsi dan Cara Kerja LDAP

September 19, 2016 0

LDAP


Penjelasan LDAP
       LDAP dengan kepanjangan (Lightweight Directory Access Protocol) merupakan sebuah protokol yang mengatur mekanisme pengaksesan layanan direktori (Directory Service) yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan banyak informasi seperti informasi tentang seseorang, organisasi, servis dan yang lainnya.

     LDAP menggunakan model client-server, dimana client mengirimkan identitas data kepada server menggunakan protokol TCP/IP dan server mencoba mencarinya pada DIT (Directory Information Tree) yang tersimpan di server. Bila di temukan maka hasilnya akan dikirimkan ke client tersebut namun bila tidak maka hasilnya berupa pointer ke server lain yang menyimpan data yang di cari.

       LDAP ini merupakan bagian dari Internet Protocol. LDAP ini digunakan untuk mengakses suatu directory misalnya directory telepon, directory email suatu perusahaan dan lain sebagainya. Pada LDAP ini tidak hanya membaca informasi, tetapi juga bisa menambah dan mengupdate informasi yang ada directory tersebut.

       LDAP juga sudah dilengkapi SASL (Simple Authentication and Security Layer) untuk memerika dan memastikan apakah suatu user berhak dan diperbolehkan masuk atau tidak. Karena itulah LDAP juga banyak digunakan untuk 'single sign on', yaitu dengan sekali sign-on, user dapat mengakses berbagai aplikasi yang telah disediakan.

Fungsi LDAP
       Fungsi LDAP sendiri itu untuk merapihkan serta membuat database yang dibuat menjadi terpusat. Dengan adanya jaringan yang terpusat, memungkinkan user untuk berpindah tempat atau lokasi tanpa harus membawa-bawa Personal Computer-nya. Jadi dengan sistem LDAP dengan memudahkan admin juga memudahkan user untuk berhubung tanpa harus login saat berpindah lokasi.




0 Comments for "Penjelasan, Fungsi dan Cara Kerja LDAP"