Uji Coba Chatting dengan Pidgin di Linux Mint - BLC TELKOM

September 17, 2016 0

Chatting dengan Pidgin

Uji Coba Chatting dengan Pidgin di Linux Mint - BLC TELKOM - alvin blctelkom
Assalamu'alaikum
Hallo sobat IT, pada kesempatan ini saya akan menguji Pembangunakan Sistem Chatting yang dibangun apakah sudah bisa untuk di konsumsi atau belum. Untuk lebih lengkapnya bisa simak pada langkah berikut.

A. PENGERTIAN

     Pidgin merupakan front-end grafis untuk libpurple menggunakan GTK. Libpurple dikenal karena kemampuannya mendukung berbagai protokol pesan instan.
      Pidgin mendukung banyak sistem operasi, termasuk Windows juga sistem operasi bertipe Unix seperti Linux, BSD, Mac OS X, dan AmigaOS (melalui mesin X11). Ia memiliki dukungan terpaket untuk NSS, memberikan enkripsi pesan klien-ke-peladen untuk protokol yang mendukungnya. Program ini dapat diberi ekstensi melalui berbagai plugin, termasuk "Off-the-Record Messaging" dan enkripsi Pidgin[2], yang menyediakan enkripsi ujung-ke-ujung.

      Fitur-fitur Pidgin berupa alat-alat standar untuk sebuah klien pesan instan, seperti daftar kontak, transfer berkas pada protokol-protokol yang mendukung, dan riwayat pembicaraan/obrolan. Jendela obrolan paralel adalah fitur pilihan pada Pidgin. Jendela pesan instan berisi jendela pesan, alat pemformatan, dan kotak penyuntingan.

B. LATAR BELAKANG
           Latar belangkangnya menggunakan Pidgin untuk Uji Coba Chatting ini karena Pidgin pada linux yang saya gunakan itu sudah terinstall Pidgin tanpa harus menginstallnya dan tinggal memakai aplikasinya.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
           Tujuannya ini karena ingin menguji apakah sudah bisa atau belum program chatting yang dikonfigurasi pada tahap sebelumnya tadi di Zimbra, jika belum silahkan lihat pada artikel sebelumnya.

D. JANGKA WAKTU
          Untuk jangka waktunya membutuhkan 20 Menit untuk Uji Coba Chatting dengan aplikasi Pidgin ini.

E. ALAT DAN BAHAN
          - 2 Laptop Client
          - Koneksi Jaringan

F. TAHAPAN PELAKSANAAN
1. Untuk langkah awalnya kita buka terlebih dahulu Pidgin yang sudah terdapat secara dafault dari Linux Mint yang saya gunakan, jika belum silahkan install terlebih dahulu pidguin atau aplikasi chattingan lainnya.
Uji Coba Chatting dengan Pidgin di Linux Mint - BLC TELKOM - alvin blctelkom

2. Nanti akan muncul kotak dialog  dan terdapat pemberitahuan sebelum menggunakan Pidgin ini seperti gamabr dibawah ini. Untuk memulai menggunaakn Pidgin ini kita harus membuat akun terlebih dahulu, untuk membuatnya silahkan klik add.

3. Sebelumnya kita buat user terlebih dahulu sebelum kita mulai uji coba chattingan dengan cara kita login terlebih dahulu ke Zimbra seperti gambar dibawah ini, disini saya membuat usernya menggunakan teknik GUI.
Baca juga : Membuat user pada Zimbra di Terminal

4. Pada Dasboard awal setelah login silahkan klik Manage untuk kita buat akun pada Zimbra seperti berikut.


5. Nanti pada Dasboard Manager dan klik pada menu Account terdapat akun admin saja dan untuk menambahkan akun lagi silahkan pada menu pojok kanan silahkan klik dan pilih New untuk membuat user baru seperti gambar dibawah ini.

6. Nanti akan muncul kotak dialog untuk kita membuat user, tinggal kita masukkan identitas atau data untuk pembuatan user sesuai keinginan anda dengan nama depannya yaitu user yang akan digunakan dan untuk belakangnya atau @ gunakan domain yang dibuat sebelumnya.

7. Tidak lupa juga kita beri password pada usernya untuk segi keamanan dari user itu sendiri agar nantinya tidak sembarang orang bisa mengakses user atau akun tersebut. Jika sudah silahkan klik Finish.

8. Kemudian kita buat lagi 1 user lagi untuk nantinya akun tersebut digunakan untuk uji coba chatting. Langkah pembuatannya sama seperti pembuatan akun diatas.

9. Tidak lupa juga kita tambahkan security agar akun bisa aman.

10. Kedua akun yang telah di buat tadi akan muncul pada Dasboard Account seperti gambar dibawah ini jika pembuatannya berhasil.

11. Setelah membuat akun kita kembali lagi ke Pidginnya, langsung saja silahkahkan klik add untuk menambah akun baru.

12. Kemudian nanti akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini, masukkan username yang dibuat tadi pada Zimbra dan tidak lupa juga bisa dimasukkan domain pada servernya juga password user.

13. Beralihlah ke tab Advanced, pada tab ini aturlah port mana yang akan digunakan pada kolom Conect port dan server mana yang akan dihubungkan pada kolom Connect server. Karena XMPP menggunakan port 5222, jadi saya mengatur portnya dengan 5222. Sedangkan untuk server yang ingin saya hubunngkan adalah server saya sendiri di 192.168.201.1. Klik Add untuk menambah account.

14. Jika tadi kalian tidak mengisi password pada memasukkan data usernya, nanti akan muncul peringan untuk memasukkan password seperti gambar dibawah ini.

15. Nanti simbol dari protokol XMPP akan berwarna seperti berikut jika sudah terhubung dengan user yang dibuat dengan Zimbra, jika gagal maka simbolnya akan berwarna abu-abu saja. Dan jika sudah berhasil silahkan klik add untuk menambahkan user.

16. Kemudian kita buat form atau grup chattingannya nanti dengan klik Buddies dan klik + Add Chat.

17. Disini kita bisa memberikan kode untuk forum yang dibuat, disini saya memasukkan ID untuk nantinya bergabung yaitu 17, jika sudah silahkan klik add, untuk menambahkan form chatting.

18. Nah forumnya sudah berhasil dibuat, maka pada menu chat akan ada group atau forum yang kita buat tadinya.

19. Nanti akan ada notifikasi bahwa pembuatan room chattingan itu kita bisa konfigurasi atau kita biarkan settingannya seperti defaultnya.

20. Tidak lupa kita juga konfigurasi pada laptop client yang satunya, silahkan buka aplikasi Pidginnya, langkahnya sama seperti langkah sebelumnya.

21. Kita masukkan lagi user satunya yang dibuat pada Zimbra tadi untuk nantinya pada user ini bisa saling berkomunikasi dengan user yang tadi sudah terdaftar pada Zimbra.

22. Tidak lupa masukkan port XMPPnya dan masukkan IP Server untuk nantinya user bisa sinkron dengan LDAP Zimbra yang dibuat.

23. Kemudian masukkan password pada username yang dimasukkan tadi untuk Pidgin pada Client 2 dan kemudian klik OK.

24. Nah nanti akan muncul protokol seperti berikut dengan icon XMPP yang berubah warna seperti gambar dibawah ini.

25. Kemudian kita gabung ke grup yang dibuat tadi pada Client yang sebelumnya dengan cara kita klik pada menu Buddies dan klik Join a Chat.

26. Kemudian disini akan muncul kotak dialog untuk nantinya join ke forum atau grup chat, kita masukkan ID roomnya yang dibuat pada Client sebelumnya atau kalian bisa mencari roomnya dengan klik Room List pada bagian bawah kotak dialog.

27. Kemudian nanti akan muncul list dari room yang ada, karena tadi hanya membuat 1 room yaitu 17 maka hanya muncul room 17 seperti pada gambar dibawah ini dan silahkan klik Join untuk bergabung pada roomnya.

28. Kemudian mencoba untuk saling chattingan, ini merupakan tampilan dari chattingan client yang ke-2.

29. Dan ini merupakan hasil dari chattingan dari Client yang pertama. Pada fitur chattingan ini kita bisa menulis, memasukkan file atau juga menggunakan emoticon.
Uji Coba Chatting dengan Pidgin di Linux Mint - BLC TELKOM - alvin blctelkom

G. HASIL KEGIATAN
          Hasilnya telah berhasil untuk Uji Coba Chatting ini dan Sudah terintegrasi Usernya dengan Zimbra seperti pada langkah diatas.

H. KESIMPULAN
          Jadi pada pengujian ini telah bisa usernya terintegrasi dengan Zimbra dengan menggunakan aplikasi Pidgin ini. Jadi kita hanya bisa membuat user pada Zimbra dan bisa terintegrasi ke Pidgin.

I. REFERENSI
        https://www.pidgin.im/
        https://id.wikipedia.org/wiki/Pidgin_%28perangkat_lunak%29
SEMOGA BERMANFAAT ^_^

0 Comments for "Uji Coba Chatting dengan Pidgin di Linux Mint - BLC TELKOM"