Membuat user pada Zimbra di Terminal - BLC TELKOM

September 14, 2016 0

Membuat atau Menambahkan User pada Zimbra

Membuat user pada Zimbra - BLC TELKOM

   

A. PENGERTIAN
           Zimbra adalah software open source untuk pengiriman email server dan kolaborasi (groupware), yang menyediakan solusi email server yang powerful, penjadwalan, kalender grup, kontak dan manajemen penyimpananan dokumen via web. Dengan cara kerja seperti Squirrellmail namun berbeda. Zimbra server tersedia untuk Linux, Mac OS X dan platform virtualisasi.

B. LATAR BELAKANG
           Dengan Zimbra itu sendiri yang digunakan untuk pengiriman email maka kita harus membuat user untuk nantinya digunakan komunikasi antara User.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
           Agar pada nantinya dengan membuat user bisa untuk saling berkomunikasi karena untuk menjalin suatu komunikasi harus terdapat minimal 2 user maka dari itu dengan membuat user agar bisa saling berkomunikasi.

D. JANGKA WAKTU
          Jangka Waktu yang dibutuhkan untuk membuat user ini sendiri membutuhkan waktu 10 menit untuk memahami sintaknya.

E. ALAT DAN BAHAN
         1. Server yang terinstall Zimbra
         2. Koneksi
         3. Laptop untuk meremot Server

F. TAHAPAN PELAKSANAAN
1. Untuk langkah awal kita remot server menggunakan SSH untuk cara meremotnya bisa lihat pada postingan sebelumnya.

2. Nah jika sudah berhasil masuk ke dalam server yang sudah diinstall Zimbra kita alihkan modenya dengan memasukkan perintah :
#su - zimbra    //nanti modenya akan berubah seperti berikut.

3. Untuk sintaknya membuat user bisa memasukkan perintah zmprov ca user password untuk contohnya seperti berikut :
$zmprov ca alvin@smkn1kediri.edu alvin5758

4. Sekarang buka Web Browser kalian dan masukkan IP dari Web Server Zimbra. Maka akan muncul sebuah from login Zimbra yang nantinya digunakan untuk login.

5. Masukkan username dan password dan disini anda juga bisa memilih versi Zimbra yang akan digunakan untuk login, namun disini saya menggunakan defaulnya saja. Pasa username saya login dengan username alvin@smkn1kediri.edu.

6. Setelah anda klik login nanti akan di alihkan ke halaman dari Zimbra itu sendiri, disini kita akan mencoba test usernya dengan mengirimkan email sama seperti squirellmail namun jika Zimbra itu sendiri lebih banyak fiturnya dan menarik.

7. Sebelumnya saya sudah membuat 2 user, untuk pembuatan usernya sama seperti langkah diatas. Cara mengirim pesannya sama seperti kita kirim pesan menggunakan email.

8. Jika berhasil maka akan terdapat notifikasi bahwa pesannya telah di kirim ke user yaitu user zimbra yang telah dibuat. Untuk cek apakah memang pada usernya sudah menerima pesan atau belum logout terlebih dahulu untuk login ke user.

9. Jika sudah logout sekarang silahkan masukkan username dikirimkan pesan tadi dan jika sudah silahkan klik Sign In.

10. Nanti akan muncul pemberitahuan bahwa terdapat pesan masuk seperti gambar dibawah ini. Untuk membuka isi pesannya bisa Double Click pada pesannya.

11. Nah nanti akan muncuk isinya, apakah sesuai dengan tadi yang dikirimkan ? tentu sesuai karena tadi saya memasukkan penerimanya dengan benar. Jika seperti gambar dibawah ini maka pesan telah berhasil.


G. HASIL KEGIATAN
             Hasilnya telah berhasil untuk membuat atau menambahkan user pada Zimbra dan untuk pengujiannya dengan pengiriman pesan juga telah berhasil.

H. KESIMPULAN
             Jadi cara kerja dari Zimbra itu sendiri sama dengan Squirrelmail namun pada interface Zimbra itu sendiri yang lebih menarik dan fiturnya yang lebih banyak.

I. REFERENSI
         https://www.linuxindo.com/solution/zimbra/

0 Comments for "Membuat user pada Zimbra di Terminal - BLC TELKOM"