Instalasi FreeNAS pada Flashdisk - BLC TELKOM

September 07, 2016 0

Instalasi FreeNAS pada Flashdisk

        Hai sobat IT, Disini saya akan berbagi ilmu yang telah saya dapatkan, gimana sih kita bisa konfigurasi Server secara bersama-sama ? Nah tadi saya menggunakan OS yang dinamakan FreeNAS itu bisa dengan menggunakan cara Cluster, untuk langkah-langkah bisa ikuti konfigurasi berikut :
A. PENGERTIAN
        FreeNAS adalah distro khusus untuk digunakan sebagai sistem operasi NAS (Network Attached Storage) yang dibangun diatas landasan FreeBSD. Pada versi terakhir saat ini (8.04), FreeNAS tidak lagi memberi peluang untuk memanfaatkan harddisk dimana sistem operasi FreeNAS ditanamkan untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan data (storage). Dengan demikian FreeNAS sebaiknya diinstalasi di media eksternal seperti USB-drive, atau di kartu memori flash/SSD Card.

Fitur pada FreeNAS :
  • Antarmuka web dengan enkripsi SSL opsional
  • Diterjemahkan ke dalam lebih dari 20 bahasa [10]
  • Plug-in Architecture
  • Termasuk Transmisi, MiniDLNA dan FireFly plug-in
  • Kinerja grafik
  • Log email dan pemberitahuan pelaporan
  • File konfigurasi download dan enkripsi kunciOpenZFS sistem file V5000 dengan Flags Fitur
  • Batas penyimpanan teoritis dari 16 Exabytes
  • File system snapshotting dan replikasi, dll
FreeNAS Direkomendasikan Minimum Hardware
  • 64-bit x86 Processor
  • 8GB RAM
  • FreeNAS harus diinstal pada USB flash drive. Minimum yang disarankan adalah 8GB. 16GB menyediakan lebih banyak ruang untuk lingkungan booting jika Anda berencana untuk menguji banyak konfigurasi atau mengikuti garis pembaruan bergerak cepat.
  • Setidaknya satu disk tambahan untuk penyimpanan.
  • Port jaringan kabel (nirkabel tidak didukung)
  • Komputer di jaringan yang sama dengan browser web yang modern (untuk manajemen)

B. LATAR BELAKANG
Selain OpenFiler, FreeNAS adalah sistem operasi populer yang sudah dikemas untuk memberikan layanan network/shared storage. FreeNAS memiliki kelebihan dalam bentuk :
  • Ukuran file ISO yang cukup kecil (lk 150 MB) sehingga proses instalasi berjalan dengan cepat dan performance sistem tidak terbebani oleh aplikasi yang dipergunakan
  • Mudah dikonfigurasi. FreeNAS mudah dikonfigurasi baik menggunakan web maupun konsole
  • Kelengkapan Feature. FreeNAS memiliki service yang beragam, mulai dari Samba, NFS, iSCSI dll

C. MAKSUD DAN TUJUAN
         Tujuannya menginstall FreeNAS ini karena digunakan untuk menghubungkan Beberapa Server agar nantinya kita cukup membuka salah satu IP Server bisa untuk mengkonfigurasi Server.

D. JANGKA WAKTU KEGIATAN
         Jangka waktu untuk instalasinya cukup cepat hanya 10 menit saja karena sudah berkali-kali di coba, namun yang lama itu proses bootable.

E. ALAT DAN BAHAN
       1. Laptop
       2. Iso FreeNAS
       3. 2 buah Flashdisk

F. TAHAPAN PELAKSANAAN
1. Untuk langkah awalnya kita bootable terlebih dahulu Iso freenas ke Flasdisk yang telah di sediakan, jika belum mempunya file Isonya download terlebih dahulu Isonya di website resminya www.freenas.org/download/

2. Jika sudah di bootable, siapkan 1 flashdisk lagi untuk nantinya kita buat tempat instalasinya, jadi nanti kita akan menginstall freenas di Flashdisk.

3. Setelah semuany sudah disiapkan silahkn tancapkan ke-2 flashdisk itu ke laptop yang akan dibuat media instalasinya, nanti jika sudah silahkan restart laptopnya dan bootingkan ke flashdisk yang bootable FreeNAS.

Proses masuk ke bootable FreeNAS

4. Kerena disini kita ingin mengistalnya jadi disini kita pilih Install dan kemudian tekan ENTER.

5. Pada pilihan ini pilih Flashdisk yang telah disiapkan untuk instalasinya nanti, jangan sampai salah memilih karena nanti akibatnya fatal dan jik sudah dipilih silahlan tekan ENTER.

6. Ini merupakan peringatan apakah yakin akan menginstall FreeNASnya, bisa dibaca nanti efeknya jika di install gimana seperti akan menghapus semua data.

7. Kemudian kita akan membuat password untuk nantinya login ke FreeNASnya, kita bisa bebas memasukkan passwordnya yang terpenting mudah untuk di ingat untuk nantinya login ke FreeNAS.

8. Kemudian jika proses instalasinya selesai nanti akan muncul pemberitahuan bahwa instalasinya telah selesai seperti gambar dibawah ini.

9. Jika sudah kemudian kita bisa pilih reboot ataupun shutdown dan tekan ENTER setelah memilih.

G. HASIL KEGIATAN
            Hasilnya telah berhasil menginstall FreeNAS pada Flashdisk dan sekarang tinggal kita konfigurasi FreeNASnya, untuk langkah konfigurasinya akan ada di postingan berikutnya.

H. KESIMPULAN
            Jadi kita bisa menginstall Sistem Operasi di Flashdisk yaitu freenas, jika kita menginstall FreeNAS maka semua partisi akan di buat menjadi Sistem tidak bisa menjadi Penyimpanan hanya sebagai sistem. Makanya disini diinstall di Flashdisk karena hanya digunakan untuk mengatur saja.

I. REFERENSI
e-Book Proxmox Cloud Computing Virtualitation

0 Comments for "Instalasi FreeNAS pada Flashdisk - BLC TELKOM"