Penjelasan dan Konfigurasi Radius Server pada Debian Server

August 19, 2016 0

Radius Server

         Hallo guys, pada kesempatan ini saya akan memberikan hasil konfigurasi dari Radius Server. Sudah tau belum apa itu Radius Server ? seperti berguna untuk mengontrol user-user atau customer yang ada jauh dari jangkauan, jadi kita hanya pantau dari server radius tersebut untuk security authenticnya, untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut.

A. PENGERTIAN
      Server Radius menyediakan mekanisme keamanan dengan menangani otentikasi dan otorisasi koneksi yang dilakukan user. Pada saat komputer client akan menghubungkan diri dengan jaringan maka server Radius akan meminta identitas user (username dan password) untuk kemudian dicocokkan dengan data yang ada dalam database server Radius untuk kemudian ditentukan apakah user diijinkan untuk menggunakan layanan dalam jaringan komputer. Jika proses otentikasi dan otorisasi berhasil maka proses pelaporan dilakukan, yakni dengan mencatat semua aktifitas koneksi user, menghitung durasi waktu dan jumlah transfer data dilakukan oleh user. Proses pelaporan yang dilakukan server Radius bisa dalam bentuk waktu (detik, menit, jam, dll) maupun dalam bentuk besar transfer data (Byte, KByte, Mbyte) (Anonim-B, 2006). Software server Radius yang digunakan dalam penelitian ini adalah Freeradius yang bersifat modular dan memiliki banyak fitur. Freeradius merupakan software server yang berbasis pada open source dan berlisensi GPL.

B. LATAR BELAKANG
      RADIUS sendiri tidak menyimpan informasi mengenai klien, tetapi RADIUS dapat menggunakan berbagai macam backend seperti MySQL dan LDAP untuk menyimpan informasi tersebut. Yang terjadi ketika RADIUS melakukan otentikasi terhadap klien adalah RADIUS akan menanyakan informasi seperti sandi ke backend tersebut.

C. ALAT DAN BAHAN
          1. Seperangkat PC Server yang terinstall Debian Server 8.5
          2. Laptop atau PC sebagai Client
          3. Jaringan

D. MAKSUD DAN TUJUAN
         RADIUS seringkali digunakan sebagai sentralisasi otentikasi dan akunting untuk pengguna di dalam jaringan. RADIUS pada dasarnya akan melakukan otentikasi terhadap klien dan memberikan akses jaringan ke klien sesuai dengan hak akses klien tersebut

E. TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Untuk langkah awalnya install terlebih freeradius pada Debian Server dengan memasukkan perintah :
apt-get install freeradius freeradius-mysql
2.
3.

F. REFERENSI


G. KESIMPULAN


0 Comments for "Penjelasan dan Konfigurasi Radius Server pada Debian Server"