Konfigurasi DINAMIC NAT - Cisco Packet Tracer

August 04, 2016 0

Konfigurasi DINAMIC NAT

         Hay sobat IT, gimana nih kabarnya ? Masih sehat bukan ? hehe, pada kesempatan ini saya akan memberikan langkah-langkah konfigurasi DINAMIC NAT yang telah saya praktekan di BLC TELKOM. Yuk langsung saja ke langkah-langkahnya saja sobat.

A. PENGERTIAN
       NAT ( Network Address Translation ) digunakan untuk menterjemahkan suatu IP ke Alamat IP yang lain. IP sendiri dapat kita bagi menjadi 2 yaitu IP Public dan IP Local/Private. IP local digunakan hanya untuk jaringan local saja , sedangkan IP Public digunakan secara umum , IP Public inilah yang digunakan untuk berkomunikasi di dunia internet karena dapat diakses dari manapun.
Baca juga : Penjelasan tentang NAT dan Jenis - Jenisnya
B. LATAR BELAKANG
        Untuk Dynamic NAT sebenarnya sudah jarang atau bahkan sudah tidak pernah dipakai lagi, karena untuk menterjemahkan alamat IP maka “Jumlah IP Public Harus sama dengan Jumlah IP Private”. Cara ini sangat tidak efektif makanya sudah tidak ada yang menggunakan Dynamic NAT. Namun saya sebagai penulis, ingin memperkenalkan Dynamic NAT ini , sehingga kita bisa lebih dekat dengan semua jenis NAT di Cisco.

C. ALAT DAN BAHAN
         - Laptop
         - Aplikasi Cisco Packet Tracer

D. MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk menggunakan 1 IP Public ke IP Private.

E. TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Sebelumnya buat topologi seperti gambar dibawah ini dan konfigurasi semua perangkat sesuai IP yang telah tersedia pada masing-masing perangkat karena saya tidak akan mengulangi cara konfigurasi IP. Dengan kasusnya R1 hanya
memiliki 1 IP public dari ISP , sedangkan dia memiliki 2 client untuk terkoneksi ke Internet (ISP). Nantinya hanya 1 client saja yang dapat terkoneksi karena kita menggunakan Dynamic NAT.


2. Jika sudah dikonfigurasi maka hasilnya akan menjadi gambar berikut, jangan lupa tambahkan gateway pada masing-masing PC. Jika sudah selanjutnya kita konfigurasikan Dynamic NAT nya , seperti dibawah ini:

R1(config)#ip nat pool ALVIN 192.168.10.1 192.168.10.2 netmask 255.255.255.0
R1(config)#access-list 1 permit 192.168.20.0 0.0.0.7
R1(config)#ip nat inside source list 1 pool ALVIN
R1(config)#int fa0/0


KETERANGAN :
  • IP 192.168.10.1 yang pertama adalah IP Public awal
  • IP 192.168.10.2 Yang KEDUA adalah IP Public Akhir , karena kita hanya menggunakan 1 IP Public maka kita masukan awal dan akhirnya sama.
  • Pool ALVIN adalah penamaan dari range IP Public nya , bisa di isi dengan nama yang lain
Setelah itu silahkan test ping dari kedua PC ke Router 2 , pasti hanya ada 1 yang
berhasil , dan yang satu lagi tidak akan berhasil.


Kenapa hanya satu saja yang dapat ping ??. Ini karena fungsi dari Dynamic NAT itu sendiri , jumlah IP Public harus sama dengan IP Private , sedangkan diskenario diatas kita hanya memiliki 1 IP public maka hanya 1 IP Private saja yang bisa di translate.

F. REFERENSI
e-Book Modul Cisco IDN.pdf

G. KESIMPULAN
      NAT ( Network Address Translation ) digunakan untuk menterjemahkan suatu IP ke Alamat IP yang lain dan untuk Dinamic Nat merupakan penggunaan 1 IP Public untuk beberapa IP Private.

0 Comments for "Konfigurasi DINAMIC NAT - Cisco Packet Tracer"