Instalasi dan Konfigurasi Moodle pada Debian Server 8.5 - BLC TELKOM

August 31, 2016 3

Instalasi dan Konfigurasi Moodle


A. PENGERTIAN
       MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) merupakan paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
PENGGUNAAN
      Di dunia e-learning Indonesia, Moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course Management System atau "Learning Management System" (LMS). Dengan tampilan seperti halaman web pada umumnya, Moodle memiliki fitur untuk menyajikan kursus (course), dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar, soal dan tugas. Murid bisa masuk log ke Moodle kemudian memilih kursus yang disediakan atau di-enroll untuknya. Aktivitas murid di dalam Moodle ini akan terpantau progress dan nilainya. Di Indonesia sendiri, diketahui bahwa Moodle telah dimanfaatkan untuk sekolah menengah, perguruan tinggi dan perusahaan.
FITUR PADA MOODLE
         Sebagai media LMS, terdapat Fitur unggulan pada Moodle agar dapat menarik Client agar lebih nyaman, contoh fitur unggulannya seperti berikut :
No
Fitur Unggulan Moodle
01 Assignment Submission
02 Forum diskusi
03 Unduh arsip
04 Peringkat
05 Chat
06 Kalender Online
07 Berita
08 Kuis Online
09 Wiki
        Developer dapat meningkatkan konstruksi modular Moodle dengan menciptakan plugin untuk fungsi-fungsi baru yang lebih spesifik. Infrastruktur Moodle mendukung banyak tipe plugin seperti:
No
Plugin Moodle
01 Aktifitas (termasuk permainan matematika dan kata)
02 Jenis-jenis sumber daya
03 Jenis-jenis pertanyaan (pilihan berganda, benar dan salah, mengisi titik-titik, dll)
04 Jenis-jenis pengisian data (untuk aktifitas database)
05 Tema bergambar
06 Metode autentikasi (yang membutuhkan akses menggunakan username dan password)
07 Metode pengambilan pembelajaran
08 Penyaring konten
B. LATAR BELAKANG
           Dengan menggunakan cms Moodle kita bisa dengan mudah membuat media pembelajaran, didalamnya pun cukup lengkap fitur-fiturnya seperti penjelasan di atas.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
           Bertujuan untuk nantinya bisa membuat media pembelajaran yang lebih luas tanpa harus datang di tempat karena moodle ini bisa di akses dengan jaringan internet ataupun lokal. Tidak hanya untuk belajar namun juga untuk Forum diskusi.

D. JANGKA DAN WAKTU
           Pada konfigurasi dan Instalasi Moodle ini membutuhkkan waktu 2 jam untuk memahami konsep beserta konfigurasinya.

E. ALAT DAN BAHAN
           1. Laptop
           2. Jaringan internet
           3. Server yang terisntall Debian Server

F. TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Disini saya akan meremot server saya dengan menggunakan SSH karena biar mudah tanpa harus membuka server tapi seharusnya pada Server dan Client sudah di install terlebih dahulu SSHnya, jika belum tau caranya bisa baca tautan dibawah ini :
Baca juga : Konfigurasi SSH Debain 8.5

2. Setelah berhasil masuk pada servernya menggunakan SSH sebelumnya update terlebih dahulu paket-paketnya untuk proses install moodlenya nanti. Usahakan pada saat update tidak terjadi error jika terjadi error lebih baik perbaiki terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke step selanjutnya.

3. Kemudian kita install paket-paket inti atau yang wajib ada pada nanti instalasi moodlenya seperti Apache, Mysql dan php untuk cara installasinya silahkan masukkan perintah berikut :
#apt-get install apache2 mysql-server php5

4. Tidak hanya paket intinya saja yang di install tapi kita juga harus menginstall paket tambahannya untuk moodlenya seperti yang harus ada pada instalasi moodle, sebenarnya untuk web server tersendiri cukup paket inti saja cukup kalau di tambahkan moodle terdapat paket tambahannya, masukkan perintah berikut untuk instalasi paket pendukungnya.
#apt-get install graphvis aspell php5-pspell php5-curl php5-gd php5-intl php5-mysql php5-xmlrpc php-ldap clamav

5. Setelah semua sudah di install untuk paket-paketnya download moodlenya pada web resminya https://download.moodle.org/
Setelah selesai mendownload file moodlenya pindah file moodlenya di Directory /var/www/html karena ini merupakan Direktori default dari Web Server di Debian Server 8.5

6. Kemudian kita beri hak akses kepemilikan pada file moodle yang telah di download tadi dengan memasukkan perintah :
#chown -R www-data:www-data moodle

7. Kemudian sekarang kita buat database untuk moodlenya pada nantinya dengan memasukkan perintah :
#mysql -u root -p

8. Setelah anda berhasil masuk kemudian kita buat databasenya dengna memasukkan perintah :
mysql> CREATE DATABASE moodle DEFAULT CHARACTER SET utf8 COLLATE utf8_unicode_ci;

9. Kemudian kita buat user dan passwordnya pada database dengan memasukkan perintah seperti berikut :
mysql> create user 'moodle'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password'

10.  Kemudian kita buat tabek untuk moodlenya itu sendiri dengan memasukkan perintah :
mysql> GRANT SELECT,INSERT,UPDATE,DELETE,CREATE, CREATE TEMPORARY TABLES,DROP,INDEX,ALTER ON moodle.*To moode@localhost IDENTIFIED BY 'password';

11. Kemudian kita keluar pada mysql dengan memasukkan perintah seperti berikut :
mysql> quit;

 12. Kemudian kita buka web Browser dan tambahkan moodle pada belakang IPnya seperti contoh di bawah ini, dan disini kita disuruh memilih bahasa yang akan digunakan. Pilih bahasa dan kemudian klik Next.

13. Biarkan saja defaultnya, langsung saja klik Next.
 14. Kemudian isikan data-datanya yang telah kita buat tadi pada mysql dan lanjutnya dengan klik Next.
 15. Ini merupakan data-data yang telah kita masukkan tadi, cek apakah sudah benar sesuai keinginan atau belum jika sudah sesuai langsung saja klik Continue.

16. Nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan akan terdapat notifikasi OK semua jadi moodle yang kita konfigurasi telah berhasil. Langsung saja klik Continue untuk melanjutkannya.

17. Ini merupakan jenis Database yang kita gunakan, karena kita tadi memilih mysql pilih saja typenya yang MySQL dan klik NEXT.
 18. Tunggu saja proses instalasi systemnya, disini memang agak lama karena server yang saya gunakan spesifikasinya lumayan lah :D . Dibawah ini merupakan status dari server saya yang berusaha untuk bisa melewati cobaan ini :D


 

19. Ini merupakan hasil tampilannya dari proses yang sedemikian lumayan lama :D, semuanya sukses dan klik saja Continue.

20. Kemudian isikan data dari Administrator yang mengelola moodle itu sendiri sesuai keinginakan anda.

21. Kemudian buat nama websitenya pada moodlenya, masukkan sesuai selera anda.

22. Dan seperti inilah hasil dari Instalasi Moodle yang melewati beberapa tahapan yang lumayan.

G. HASILNYA
           Alhamdulillah hasilnya sudah seperti yang diinginkan karena semua telah berhasil. Disini saya masih membahas Instalasi dan Konfigurasi Moodle.

H. KESIMPULAN
           Dengan menggunakan moodle ini kita bisa lebih mudah untuk nanti belajar, tidak hanya mudah konfigurasinya namun juga moodle ini tidak berlisensi atau gratis. Pada moodle ini yang Open Source kita bisa mengedit isinya sesuai keinginan kita.

I. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle

SEMOGA BERMANFAAT

3 Comments for "Instalasi dan Konfigurasi Moodle pada Debian Server 8.5 - BLC TELKOM"